Senin, 18 November 2013

Bahaya Penyakit Kaki Gajah

Simaklah Informasi Dibawah Tetang Bahaya Penyakit Kaki Gajah

Salam menuju sehat kami sampaikan kepada anda dan keluarga anda dimanapun anda berada, kami bagian dari pengelola blog kesehatan yang pada kesempatan kami kali ini akan membrikan informasi Bahaya Penyakit Kaki Gajah, Penyebab, Gejala dan Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Kaki Gajah.

Untuk anda yang sedang mencari informasi Bahaya Penyakit Kaki Gajah, kami sajikan di bawah ini informasi dan cara mengobatinya. 

Sekilas Informasi Penyakit Kaki Gajah

Bahaya Penyakit Kaki Gajah
Kaki Gajah
Pada musim penghujan biasanya nyamuk dapat berkembang biak dengan sangat cepat. Banyak sekali penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan kecil yang satu ini. Salah satunya adalah penyakit kaki gajah (filariasis). Penyakit ini disebabkan oleh cacing filaria (Wuchereria bancrofti). Cacing ini dapat ditularkan melalui berbagai gigitan nyamuk kecuali nyamuk mansoni. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembengkakan kaki, lengan dan alat kelamin baik pada pria maupun wanita. Akibatnya penderita penyakit kaki gajah tidak dapat bekerja secara optimal, bahkan hidupnya harus selalu tergantung pada orang lain.

Di Indonesia, penyakit ini tersebar luas hampir diseluruh propinsi. Berdasarkan hasil survei pada tahun 2000 tercatat sebanyak 1553 desa yang tersebar di 231 kabupaten dan 26 propinsi, dengan jumlah kasus kronis 6233 orang.

Gejala Penyakit Kaki Gajah

Seseorang yang terinfeksi penyakit kaki gajah umumnya terjadi pada usia kanak-kanak, dimana dalam waktu yang cukup lama (bertahun-tahun) mulai dirasakan perkembangannya.

Adapun gejala akut yang dapat terjadi antara lain :

=> Demam berulang-ulang selama 3-5 hari, demam dapat hilang bila istirahat dan muncul lagi setelah bekerja berat

=> Pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) didaerah lipatan paha, ketiak (lymphadenitis) yang tampak kemerahan, panas dan sakit

=> Radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan kearah ujung (retrograde lymphangitis)

=> Filarial abses akibat seringnya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah

=> Pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas (early lymphodema)

=> Sedangkan gejala kronis dari penyakit kaki gajah yaitu berupa pembesaran yang menetap (elephantiasis) pada tungkai, lengan, buah dada, buah zakar (elephantiasis skroti).

Pencegahan Pada Panyakit Kaki Gajah

* Berusaha menghindarkan diri dari gigitan nyamuk penular
* Membersihkan tanaman air pada rawa-rawa yang merupakan tempat perindukan nyamuk, menimbun, 
* Mengeringkan atau mengalirkan genangan air sebagai tempat perindukan nyamuk
* Membersihkan semak-semak disekitar rumah

Sekilas Informasi Bahaya Penyakit Kaki Gajah

Setiap keluarga harus mewaspadai bahaya penyakit filariasis atau kaki gajah. Karena penyakit ini dapat menyerang siapa saja termasuk anggota keluarga kita. Filariasis merupakan golongan penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria dan ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk.

“Setelah tergigit nyamuk, parasit (larva) akan menjalar dan saat sampai pada jaringan sistem lympa maka berkembanglah menjadi penyakit kaki gajah. Penyakit ini sifatnya menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki,”

Penyakit kaki gajah, katanya, tidak mematikan, namun bagi penderita mungkin menjadi sesuatu yang dirasa memalukan bahkan karena penyakit ini, tentu saja dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Apabila dari keluarga anda menderita penyakit kaki gajah atau yang di sebut dengan filariasis kami selaku pengelola blog kesehatan, memberikan solusi alternati dan telah terbukti yaitu dengan cara mengobatinya dengan cepat, aman dan ampuh. Untuk mendapatkan informasi tersebut, dapat anda simak di artikel kami lainnya yaitu dengan cara mengklik link Obat Untuk Penyakit Kaki Gajah. Didalamnya kami sajikan kepada anda testimoni dan penjelasan penyakit kaki gajah.

Demikianlah informasi yang kami sajikan kepada anda, semoga informasi ini membawa anda kedalam kesembuhan dan menjadikan kewaspadaan dalam menghindari Bahaya Penyakit Kaki Gajah

0 komentar:

Poskan Komentar