Rabu, 02 Oktober 2013

Penyebab Haid Tidak Teratur

Salam sehat dan sejahtera kami sampaikan kepada anda dan keluarga anda, kami adalah Distributor Obat Herbal Alami (DOHA) yang akan menginformasikan kepada anda yaitu PENYEBAB HAID TIDAK TERATUR & Penyakit Haid.

Sekilas Informasi Penyakit Haid Tidak Teratur

Penyebab Haid Tidak Teratur
Setiap wanita yang memasuki masa remaja dan pubertas pasti mengalami menstruasi atau haid. Siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari.  Walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari.

Tetapi, bagaimana dengan wanita yang juga mengalami haid namun tidak teratur? Dr Goel Madhu, Konsultan Kandungan dari Rockland Hospital, New Delhi mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diketahui seputar periode menstruasi yang tidak teratur.

1. Memahami menstruasi yang tidak teratur

Siklus menstruasi biasanya terjadi secara teratur. Lamanya perdarahan bisa bervariasi dari 2 sampai 7 hari dengan interval antara 2 siklus (waktu antara periode pertama dan periode berikutnya) sekitar 28 hari. Hilangnya darah rata-rata adalah sekitar 60-100ml.

2. Kehamilan

Alasan paling umum dari siklus menstruasi yang tidak teratur dalam kelompok usia reproduksi biasanya berhubungan dengan kehamilan. Jika periode haid terlewati, tes kehamilan menjadi sebuah keharusan. Kadang-kadang kehamilan juga bisa terjadi pada pasien perimenopause (dekat menopause). 

3. Periode Perimenopause

Siklus yang tidak teratur juga terjadi pada periode perimenopause. Beberapa perubahan dalam siklus ini biasanya dapat diterima dan tidak memerlukan pengobatan, sementara perdarahan yang berat memerlukan evaluasi lebih lanjut.

4. Kontrasepsi

Berbagai bentuk kontrasepsi juga dapat mengakibatkan siklus menstruasi Anda tidak teratur.

5. Berat Badan

Naiknya berat badan yang signifikan atau penurunan berat badan juga dapat menyebabkan siklus yang tidak teratur. Kenaikan berat badan yang signifikan dapat menunjukkan adanya gangguan tiroid.

6. Stres Emosional

Stres emosional yang berat misalnya, kehilangan pekerjaan, kehilangan orang terdekat juga dapat menyebabkan perdarahan yang tidak teratur.

Sekilas Informasi Penyakit Haid

Haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.

Biasanya darah haid mula-mula keluar berwarna hitam, kemudian berubah kepada merah, kemudian antara merah dan kuning, kemudian kuning dan akhirnya keruh (yakni antara putih dan hitam), hingga akhirnya putih bersih tanda selesainya haid. Namun tiap wanita biasanya memiliki siklus warna darah yang berbeda satu sama lain.

Untuk informasi tentang cara mengobati haid tidak teratur silahkan anda klik link Obat Untuk Melancarkan Datang Bulan

Demikianlah informasi Penyebab Haid Tidak Teratur, semoga inforamsi ini dapat membantu anda dalam mencari sumber kesehatan untuk mengatasi haid yang tidak teratur.

0 komentar:

Poskan Komentar