Senin, 28 Oktober 2013

Bahaya Penyakit Turun Berok

Informasi Bahaya Penyakit Turun Berok

Salam sehat kami sampaikan kepada anda dan keluarga anda dimanapun anda berda, pada kesempatan kami kali ini akan memberikan informasi penyakit kepada anda yaitu sebuah informasi penyakit turun berok, penyebab turun berok, gejala dan baha penyakit turun berok.

Untuk anda yang terkena penyakit turun berok atau penyakit hernia, segera anda sembuhkan dengan cepat, karna bahaya penyakit turun berok dapat berakibat serius bila tidak segera diatasi.

Sebelum kami membahas & memberikan informasi kepada anda marilah kita memohon kepada Allah/Tuhan. semoga informasi blog kesehatan yang anda dapat dari artikel kesehatan ini dapat membawa anda kedalam ilmu pengetahuan.

Sekilas Penjelasan Penyebab Penyakit Turun Berok

Bahaya Penyakit Turun Berok
Penyakit Turun Berok/Hernia
Hernia dapat disebabkan oleh tidak sempurnanya penutupan kanal-kanal saluran perpindahan organ saat masih dalam kandungan, sehingga saluran yang seharusnya menutup tersebut, tetap terbuka dan menjadi titik lemah di dinding perut. Misalnya pada anak laki-laki, testis yang semula berada di dalam perut, akan berpindan ke lokasi normalnya sebelum bayi lahir, melalui suatu saluran khusus. Jika saluran tersebut tidak tertutup setelah bayi lahir, maka bayi dapat menderita turun berok/hernia.
 
Penyebab turun berok hernia lain di antaranya :
  1. Tekanan dalam rongga tubuh yang besar, seperti saat mengedan (terus-menerus akibat konstipasi menahun)
  2. Hamil dan melahirkan
  3. Adanya penumpukan cairan tak normal dalam rongga perut (ascites)
  4. Batuk terus-menerus
  5. Penyakit paru, obesitas, dan yang serupa.
  6. Jenis hernia pun beragam, tergantung dari organ yang terlibat dan jalur yang mengalami kelemahan
Gejala Penyakit Turun Berok
  • Timbul nyeri di daerah perut bagian bawah
  • Rasa sakit atau nyeri ini akan sangat terasa ketika ada tekanan di dalam perut seperti saat batuk, mengejan atau mengangkat beban yang berat
  • Muncul benjolan di daerah selangkangan atau daerah perut, benjolan ini akan meningkat ukurannya ketika berdiri atau tekanan perut meningkat
  • Pada beberapa kasus timbul tonjolan tanpa disertai dengan rasa sakit yang jika terus dibiarkan bisa membuat hernia masuk ke dalam skrotum
  • Terkadang muncul rasa sakit yang disertai dengan demam
  • Jika usus sudah terjebak atau terjepit dalam jangka waktu lama bisa mengalami kerusakan yang ditandai dengan mual dan muntah
  • Timbul nyeri yang selalu hadir diikuti dengan gejala gangguan pencernaan
Sekilas Informasi Bahaya Penyakit Turun Berok

TURUN BEROK atau HERNIA - selama ini lebih dikenal sebagai penyakit pria, karena hanya kaum pria yang mempunyai bagian khusus dalam rongga perut untuk mendukung fungsi alat kelaminnya. Berdasarkan penyebab terjadinya, turun berok/hernia dapat dibedakan menjadi hernia bawaan (congenital) dan hernia dapatan (akuisita). Sedangkan menurut letaknya, hernia dibedakan menjadi hernia inguinal, umbilical, femoral, diafragma dan masih banyak lagi nama lainnya.

Turun Berok atau Hernia bukanlah penyakit turunan dan dapat terjadi pada semua umur baik tua maupun muda. Proses terjadinya hernia pada bayi berbeda dengan hernia pada orang dewasa yang biasanya pada bayi, lebih sering disebabkan oleh kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah zakar. Biasanya yang sering terkena hernia adalah bayi atau anak laki-laki. Pada orang dewasa, hernia terjadi karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut dan kelemahan otot dinding perut karena faktor usia.

Bagian hernia terdiri dari cincin, kantong, dan isi hernia itu sendiri. Isi hernia yaitu usus, ovarium, dan jaringan penyangga usus (omentum). Bila ada bagian yang lemah dari lapisan otot dinding perut, maka usus dapat keluar ke tempat yang tidak seharusnya, yakni bisa ke diafragma (batas antara perut dan dada), bisa di lipatan paha, atau di pusar. Umumnya hernia tidak menyebabkan nyeri. Namun, akan terasa nyeri bila isi hernia terjepit oleh cincin hernia. Infeksi akibat hernia menyebabkan penderita merasakan nyeri yang hebat, dan infeksi tersebut akhirnya menjalar dan meracuni seluruh tubuh.
 
Untuk mendapatkan informasi cara mengobati penyakit hernia atau turun berok, dapat anda simak di artikel kami lainnya dengan cara anda mengklik link berikut ini Obat Untuk Penyakit Hernia.